Soal dan Jawaban UTS Interaksi Manusia Komputer BSI Semester 4

Simulasi Soal dan Jawaban UTS Interaksi Manusia Komputer BSI




1. Untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer ketika berhubungan dengan aspek fisik dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu :

J : Ergonomik (Benar)

 

2. Bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik disebut :

J : Media Tekstual (Benar)

 

3. Tanggapan subjektif pada cahaya disebut :

J : Kecerahan (Benar)

 

4. Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya membuat dokumen manipulasi photo dan membuat laporan disebut :

J : Piranti bantu aplikasi/Application Software (Benar)

 

5. Salah satu Model Aplikasi dalam mendesain sebuah layout, adalah :

J : Berbasis Dokumen, Non Dokumen, Utilitas (Benar)

 

6. Yang merupakan karakteristik ragam dialog adalah :

J : konsistensi, Umpan Balik, Observabilitas, Kontrolabilitas, Efisiensi, Keseimbangan (Benar)

 

7. Dibawah ini merupakan bagian dari program aplikasi adalah :

j : Bagian Antarmuka dan Aplikasi (Benar)

 

8. Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer adalah :

J : Media GUI dan Media Tekstual (Benar)

 

9. Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer merupakan pengertian :

J : Manipulasi Langsung (Benar)

 

10. User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain antar muka sering disebut :

J : Consistency (Benar)

 

11. Yang merupakan aspek perangkat lunak dari sistem komputer adalah :

J : System Software, Application Software, Package Software, Microsoft Office (Benar)

 

12. User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi, pada prinsip desain antar muka sering disebut :

J : Direct Manipulation (Benar)

 

13. Software yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugasnya disebut :

J : Application Software/Piranti Bantu Aplikasi (Benar)

 

14. Yang merupakan hardware Output pada sistem komputer adalah :

J : Monitor, Printer (Benar)

 

15. Ragam dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas berupa batch file adalah :

J : Programming Language Dialogue/Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman (Benar)

 

16. Dibawah ini merupakan bagian dari program aplikasi adalah :

J : Bagian Antarmuka (Benar)

 

17. Pada aspek pendengaran, telinga manusia tidak akan mendengar suara dengan frekuensi :

J : Kurang dari 20 dB

 

18. Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer adalah :

J : Media GUI

 

19. Yang merupakan ragam dialog dalam sistem menu adalah :

J : Sistem menu datar

 

20. WYSIWYG dalam prinsip desain antar muka merupakan singkatan dari :

J : What You See Is What You Get

 

Soal dan Jawaban UTS Interaksi Manusia Komputer BSI (Diferen Website)

1. Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer adalah definisi dari...
J : Interface

2. Bagian yang berfungsi menghasilkan informasi berdasarkan pengolahan data yang sudah dimasukan oleh pengguna lewat algoritma adalah definisi dari...
J : Aplikasi

3. Media bentuk sederhana dialog antara manusia dan komputer yang kurang menarik karena berisi teks adalah adalah...
J : Media Tekstual

4. Bahasa pemrograman dibawah ini yang masih berbentuk teks hasil outputnya adalah...
J : C++

5. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi dengan komputer adalah...
J : Linguistik

6. Dibawah ini adalah merupakan piranti (alat) output pada perangkat keras (hardware), yaitu...
J : Monitor

7. Dibawah ini adalah merupakan piranti (alat) input pada perangkat keras (hardware), yaitu...
J : Keyboard

8. Sistem komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu...
J : Aplikasi, Software, Brainware

9. Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware). disebut...
J : Software

10. Program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer seperti CPU dan hardware masukan/keluaran adalah...
J : Ms-Windows

11. Pada ragam dialog pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang berikan oleh komputer untuk memasukkan perintah atau parameter perintah disebut...
J : Inisiatif

12. Pada ragam dialog pengguna mempunyai kesempatan melakukan customizing dan memperluas antarmuka dari sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan disebut...
J : Keluwesan

13. Pada ragam dialog jika pengguna melakukan kesalahan komputasi, maka program akan menampilkan suatu pesan kesalahan disebut...
J : Umpan Balik

14. Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan adalah...
J : Form Filling Dialogue

15. Beberapa perintah seperti DIR, COPY, FORMAT, PASSWD, WHO, VI, LS merupakan terdapat pada kategori ragam dialog...
J : Command line Dialogue

16. Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek pada prinsip desain interface disebut...
J : Explicit actions

17. Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi pada prinsip desain interface disebut...
J : User Control

18. User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain interface disebut...
J : Aesthetic Integrity

19. Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya pada prinsip desain interface disebut...
J : WYSIWYG

20. Model yang digunakan dalam mendisain layout adalah, kecuali...
J : Non utilitas

21. Gambar dibawah ini adalah jenis keyboard...
J : Keyboard Klockenberg

22. Gambar dibawah ini adalah jenis keyboard...
J : Keyboard Dvorak

23. Dibawah ini adalah jenis Piranti perangkat keras pengambilan gambar terformat, kecuali...
J : Image Scanner

24. Dibawah ini yang merupakan jenis Piranti perangkat keras pengambilan gambar tidak terformat, adalah :

J : Image Scanner

25. Yang termasuk kelompok dalam tombol pada papan ketik adalah, kecuali...
J : Alfabet

26. Pemilihan ragam dialog dipengaruhi, kecuali...
J : Struktur dari data

27. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan antarmuka berbasis teks, kecuali...
J : Kesesuaian dengan media

28. Untuk merancang program aplikasi special purpose software adalah...
J : User centered design

29. Urutan pertama dalam perancangan tampilan adalah...
J : Pemilihan ragam dialog

30. Pada perancangan program dimungkinkan program berhenti karena terjadi kesalahan yg disebut...
J : Abnormal terminator

31. GUI singkatan dari
J : Grafical Uses Interface

32. Dibawah ini adalah contoh antarmuka manusia dengan komputer yang berbentuk grafis, kecuali...
J : Pascal

33. Fungsi yang digunakan untuk membentuk garis terputusputus dalam bentuk garis dan titik adalah...
J : Dash-Dot

34. Koordinator yang berasal dari pusat menuju ke bawah adalah...
J : sumbu “x” negatif

35. Koordinator fisik yang berasal dari pusat menuju ke kanan adalah...
J : sumbu “x” positif

36. Faktor yang berhubungan dengan kenyamanan kerja biasa disebut dengan...
J : Ergonomik

37. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, Latihan Soal IMK kecuali...
J : Jenis Komputer

38. Suatu bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia...
J : Antropometrik

39. Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomik adalah...
J : Pemasukkan data

40. Tujuan dari Antropometrik
J : Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya

41. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk mengatur nilai suatu peubah, biasanya bertipe numerik, dengan menambah atau mengurangkannya dengan suatu nilai tertentu dan nilai maksimum dan minimum peubah dinyatakan dengan jelas adalah...
J : Spin Box

42. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna program. Biasanya pilihan yang dapat dipilih berupa pilihan tunggal, tetapi dalam kondisi tertentu juga dimungkinkan untuk membuat pilihan jamak (multiple choices) adalah...
J : List Box

43. Komponen antarmuka grafis yang menampilkan pilihan tidak akan terlihat sampai pengguna menekan tombol kontrol dan juga dapat memasukkan pilihan yang mungkin tidak ada dalam daftar pilihan yang tersedia adalah...
J : Combo Box

44. Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan tanda tertentu...
J : Tombol Radio

45. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk mengaktifkan suatu aktivitas apabila tombol tersebut ditekan menggunakan mouse (Click Mouse) adalah...
J : Tombol Tekan

46. Jenis widow, kecuali...
J : Multiple Window

47. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain judul window...
J : Beri judul yang berbeda pada window yang dibuka

48. Ketentuan boleh tidaknya berinteraksi dari wondow satu ke window lain dalam satu aplikasi
J : Modality

49. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain window, kecuali...
J : Warna Window

50. Mekanisme saat sebuah window mendapat focus karena dipilih user menggunakan shortcut keyboard...
J : Keyboard focus

51. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer seluruh dunia disebut dengan...
J : Internet

52. Sumber daya internet yang memungkinkan untuk Latihan Soal IMK membuat kelompok diskusi dengan menggunakan email disebut...
J : Mailing List

53. Perusahaan penyedia jasa layanan internet biasa disebut dengan...
J : Internet Service Provider

54. Aplikasi web yang dibentuk hanya dengan menggunakan kode-kode HTML saja disebut...
J : Web statis

55. Jaringan komunikasi tanpa kabel disebut dengan...
J : WiFi

56. E – Intermediary pada internet atau situs web yang menawarkan hubungan kepada konsumen ke situs-situs web lain atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi disebut :
J : Penjual Bersindikat

57. Suatu situs yang membantu para konsumen dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan konsumen dalam rangka membuat keputusan membeli...
J : Shopping Agent

58. Pada perdagangan elektronis yang model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen dan memungkinkan orang-orang dapat menjual atau membeli barang diantara mereka sendiri disebut...

J : Consumer to Consumer (C2C)

59. Pada perdagangan elektronis yang merupakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis. disebut...
J : Business to Consumer (B2C)

60. Pada perdagangan elektonis atau e-commerce yang menyatakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau lebih perusahaan dan dilakukan secara elektronis...
J : Business to Business (B2B)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Latihan UTS Jaringan Komputer UBSI Semester 4

Soal dan Jawaban Latihan UTS APSI BSI Semester 4